FILOSOFI WANITA JAWA






Istilah wanita itu sendiri berasal dari bahasa Jawa. Wani dan Tata.

Dalam  pernikahan ada yang mengistilahkan dengan kanca wingking. yang berarti bahwa wanita adalah teman di dapur, dan hal itu akan mewarnai kehidupan perkawinan pasutri Jawa.

Konsep swarga nunut, neraka katut (ke surga ikut, ke neraka pun turut), menggambarkan posisi perempuan Jawa yang lemah sebagai seorang istri.

Selain itu juga ada konsep mengenai istri sebagai sigaraning nyawa. Hal ini juga memberikan gambaran posisi yang sejajar dan lebih egaliter terhadap perempuan Jawa.

Istilah konco wingking pun tidak selalu lebih rendah, tergantung bagaimana perempuan Jawa memaknainya. sama seperti sutradara yang bekerja di belakang layar dan tidak pernah terlihat dalam filmnya tetapi dapat menentukan jalannya film.

Sebelum mengupas filosofi tentang perempuan atau gadis jawa, ada baiknya kita kenal dulu apa arti kata perempuan atau wanita. setidaknya ada empat term di Jawa yang digunakan untuk menyebut perempuan.


1WADON

Berasal dari bahass Kawi "Wadu" yang artinya kawula atau abdi. Secara istilah di artikan bahwa perempuan di titahkan di dunia ini sebagai abdi laki laki.


2. WANITA

Kata wanita terbentuk dari dua kata bahasa Jawa (kerata basa), Wani yang berarti berani dan Tata yang berarti teratur. Kerata Basa ini mengandung dua pengertian yang berbeda. Pertama, Wani ditata yang artinya berani (mau) di atur. dan yang kedua, Wani nata yang artinya berani mengatur. pengertian kedua ini mengindikasikan bahwa perempuan juga perlu pendidikan yang tinggi untuk bisa memerankan dengan baik peran ini.


3. ESTRI

Berasal dari bahasa Kawi "Estren" yang berarti panjurung (pendorong). seperti pepatah yang terkenal, selalu ada wanita yang hebat di samping laki laki yang hebat.


4. PUTRI

Dalam peradaban tradisional Jawa, kata ini sering di beberkan sebagai akronimdari kata Putus Tri Perkawis, yang menunjuk kepada purna karya perempuan dalam kedudukannya sebagai putri. Perempuan di tuntut untuk merealisasikan tiga kewajibannya , baik kedudukannya sebagai wadon, wanita, maupun estri.


Tetapi, ada hal lain yang melekat pada perempuan jawa itu. salah satunya adalah ketidak tegasan, bentuk "ewoh-pakewoh wong Jowo" yang dikenal penuh basa basi. apalagi dengan bagaimana perempuan dicitrakan dlam karya karya sastra Jawa kuno. 

Misalnya dalam kitab Clokantara disebutkan:

Tiga Ikang abener lakunya ring lokal/iwirnya/ikang iwah/ikang udwad/ikang janmasri//yen ketelu/wilut gatinya//yadin pweka nang istri hana satya budhinya/dadi ikang tunjung tumuwuh ring cila//

artinya: tiga yang tidak benar jalannya di bumi yaitu sungai, tanaman melata dan wanita. ketiganya berjalan berbelit belit. Jika ada wanita yang lurus budinya akan ada bunga tunjung  tumbuh di batu.

Jelas bagaimana wanita di citrakan dalam kalimat tersebut. Bahwa wanita di samakan dengan sungai dan tanaman melata yang berbelit belit. dan adalah ketidak mungkinan wanita untuk bisa mempunyai pendirian. karena tidak akan ada bunga tunjung yang tumbuh di batu.


Juga tentang bagaimana perempuan di bandingkan dengan laki laki dalam Serat Paniti Sastra:


Wuwusekang wus ing ngelmi/kaprawolu wanudyo lan priyo/ing kabisan myang kuwate/tuwin wiwekanipun/

artinya : katanya yang telah selesai menuntut ilmu, wanita hanya seperdelapan di banding pria dalam hal kepandaian dan kekuatan serta kebijaksanaannya.


Jadi dalam kalimat di atas ada ketidak sertaan antara pria dan wanita. walau mungkin kenyataannya bisa jadi demikian,tapi menurutku wanita kudu diberi kesempatan sama dengan laki laki. 


Sumber: beritajowo.com

  



 

Comments

Popular Posts